Cloud-sama

Final Fantasy 7 Advent Children - Cloud Strife

Monday, July 26, 2010

Definisi GEOGRAFI menurut para 10 ahli

Definisi 1 :
Preston e James berpendapat bahwa, "Geografi dapat diungkapkan sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan karena banyak bidang ilmu pengetahuan selalu mulai dari keadaan muka bumi untuk beralih pada studinya masing-masing."

Definisi 2 :
"Geografi adalah interaksi antar ruang". Definisi ini dikemukakan oleh Ullman (1954), dalam bukunya yang berjudul Geography a Spatial Interaction.

Definisi 3 :
"Objek study geografi adalah kelompok manusia dan organisasinya di muka bumi". Definisi ini dikemukakan oleh Maurice Le Lannou (1959). Ia mengemukakan dalam bukunya yang berjudul La Geographie Humaine.

Definisi 4 :
Paul Claval (1976) berpendapat bahwa "Geografi selalu ingin menjelaskan gejala gejala dari segi hubungan keruangan".

Definisi 5 :
Suatu definisi yang lain adalah hasil semlok (seminar dan lokakarya) di Semarang tahun 1988. "Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keruangan".

Definisi 6 :
Menurut Harstone tokoh geografi Amerika dalam buku pengantar Filssafat geografi, "Geografi adalah sebuah ilmu yang menampilkan relitas deferensiasi muka bumi seperti apa adanya,tidak hanya dalam arti perbedaan – perbedaan dalam hal tertentu, tetapi juga dalam arti kombinasi keseluruhan fenomena di setiap tempat, yang berbeda dari keadaanya di tempat lain".

Definisi 7 :
Erastothenes, pada abad ke 1. Menurutnya, "geografi berasal dari kata geographica yang berarti penulisan atau penggambaran mengenai bumi,"

Definisi 8 :
Menurut Lobeck (1939) "Gegografi adalah suatu studi tentang hubungan – hubungan yang ada antara kehidupan dengan lingkungan fisiknya."

Definisi 9 :
Claudius Ptolemous Abad ke – 2 berpendapat, "Geografi dalah suatu penyajian dengan peta dan sebagian pemukaan bumi yang menunjukkan kenampakan umum yang terdapat padanya."

Definisi 10 :
Ferdinand von Richthoven (1833 – 1905) : "Geografi adalah ilmu yang mempelajari gejala dan sifat pemukaan bumi dan penduduknya, disusun menurut letaknya, menerangkan baik tentang terdapatnya gejala – gejala dan sifat – sifat itu".

sumber :






-Mput-


No comments:

Post a Comment

My Corner

My photo
1995 girl. A girl that lives in Indonesia. Maniac of Japanese stuffs specially Visual Kei and manga. Love to talk with other people. :DD Ordinary outside, freakin' isance inside XDD